Jumat, 19 Juni 2015

Hal Hal Yang Merusak Nilai Puasa Dan Banyak Kita Lakukan

Hal Hal Yang Merusak Nilai Puasa Dan Banyak Kita Lakukan Sehari Hari ada Lima Hal. Dan Harus diingat Dimana Hal Tersebut Merusak atau Membatalkan Nilai Puasa. Jadi kalau kita lakukan tidak ada Artinya kita puasa karena Nilainya sudah Rusak. Namun Puasa tetap Sah karena Syarat dan Rukunnya Terpenuhi. 

Nah Sebelumnya sudah ada Tulisan Hal Hal Yang Membatalkan Puasa dan Wajib Kita Ketahui bisa dibaca lagi, dan Inilah Hal Hal Yang Merusak Nilai Puasa Dan Banyak Kita Lakukan 

1. Dusta. Dusta akan menghilangkan nilai puasa kita. Selain Nilai Puasa yang hilang kita juga akan mendapatkan Dosa.

2. Ghibah atau Gunjing. Membicarakan aib orang lain dibelakangnya terlepas itu benar atau salah. Jadi tidak boleh sedikitpun untuk melakukannya. Lain halnya kalau kita membicarakan Aib orang lain untuk kepentingan agar dia berubah. Misalnya ada orang yang memang betul berzina kita laporkan kepada yang berwenang. 

3. Menyebarkan Isu. Nah ini juga banyak terjadi. Terkadang karena keasyikan ngobrol dengan rekan-rekan kita terlanjur menyebarkan isu atau melebih lebihkan sesuatu kejadian bahkan mengurangi sebagian pula.

4. Sumpah Palsu. Banyak kejadian, ketika seseorang terpojok atau untuk meyakinkan seseorang melakukan Sumpah. Yang lebih parah lagi sumpah dengan membawa-bawa Al-Qur'an..

5. Pandangan Yang Menyebabkan Syahwat. Hal ini terutama bagi laki-laki, hati hati dengan Pandangannya. Pandangan yang menimbulkan syahwat saja sudah merusak nilai puasa apalagi jika terjadi sentuhan yang bukan muhrim. Contoh "muda - mudi yang berboncengan dengan sepeda motor, pergi main, bahkan yang lebih parahnya melakukan buka bersama berdua" Masihkan ada nilai puasa kita.. 

Kesimpulannya "Jangan sampai puasa kita tidak ada nilainya, hanya mendapatkan haus dan lapar saja serta sekedar memenuhi Syarat dan Rukun Puasa saja" Dan mari kita perbaiki diri.

(Sumber : Ceramah salah satu Ustadz di Mushalla Ukhuwah Tabek Gadang)

0 komentar: