Jumat, 19 Juni 2015

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Dan Wajib Anda Ketahui

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Dan Wajib Anda Ketahui, saya kutip dari Ceramah Agama salah satu Ustadz di Mushalla Ukhumah Tabek Gadang Bukittinggi. Ada enam hal yang membatalkan puasa dan wajib kita ketahui.

1. Makan dan Minum Dengan Sengaja. Makan dan minum dengan sengaja langsung membatalkan puasa. Namun jika tidak disengaja puasanya boleh di lanjutkan dengan syarat ketika Ingat lagi berpuasa makan dan minumnya langsung dihentikan. Dan yang ada dimulut saat itu langsung dikeluarkan dan tidak boleh ditelan.

2. Muntah. Muntah disini adalah Muntah yang disengaja yaitu dengan cara memasukkan sesuatu ke dalam mulut yang menyebabkan kita muntah. Hal ini langsung membatalkan puasa. Namun jika kondisinya seperti ini "misalkan anda mengalami muntah dalam perjalanan dari Bukittinggi ke Padang dengan mobil umum, karena bau minyak atau lain-lain tiba tiba mual dan muntah maka hal ini tidak membatalkan puasa"

3.Melakukan hubungan suami istri dising hari, hal ini langsung membatalkan Puasa. Dan jika melakukannya maka diwajibkan membayar denda puasa selama dua bulan "60 Hari" Berturut-turut.

4. Haid dan Nifas Juga langsung membatalkan Puasa.

5. Keluar Mani / Sperma dengan disengaja. Namun jika terjadi dalam Mimpi maka puasanya tidak Batal.

6. Hilang Ingatan / Gila.

Nah Jika Puasa Batal maka diwajibkan untuk Menggantinya di Hari Lain. :)

0 komentar: