Kamis, 05 November 2015

DESIGN SISTEM TRYOUT UJIAN NASIONAL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP/MYSQL

Contoh Proposal Skripsi DESIGN SISTEM TRYOUT UJIAN NASIONAL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP/MYSQL

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah   
 Seiring dengan berubahnya zaman, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang semakin pesat. Perkembangan teknologi tersebut juga telah banyak memberi dampak positif terhadap kehidupan kita. Dengan adanya teknologi dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan ataupun kegiatan kita sehari-hari.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang paling dekat kita rasakan adalah teknologi pada sistem informasi yang terjadi pada proses tryout online . Pada saat ini telah banyak jejaring sosial yang menawarkan proses tryout online. Akan tetapi kebanyakan dari  para siswa  atau testear tersebut belum memanfaatkannya secara optimal. Untuk mengukur kemampuannya para siswa biasanya hanya menunggu tryout yang diadakan oleh pihak sekolah atau lembaga bimbingan, sehingga hal tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan memerlukan biaya yang relatif mahal.

Oleh karena itu diperlukanlah suatu sarana yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam mempelajari soal-soal tryout untuk mengikuti ujian UJIAN NASIONAL dan melakukan tryout mandiri secara online agar bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Berdasarkan permasalah diatas peneliti tertarik untu mengangkat suatu penelitian tentang DESIGN SISTEM TRYOUT UJIAN NASIONAL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP/MYSQL, sistem ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar dan kesiapan para siswa dalam menghadapi ujian UJIAN NASIONAL dengan melakukan tryout mandiri online.

       B. Identifikasi Masalah
    Berdasarkan latarbelakang masalah maka dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut.
1.    Kecenderungan para siswa hanya menunggu tryout yang diadakan oleh pihak sekolah atau lembaga bimbingan, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan biaya yang relatif mahal.
2.    Diperlukannya waktu dalam hal pemeriksaan, sehingga akan membutuhkan waktu bagi para siswa dalam menunggu hasil tryout yang dilakukannya disekolah.

C. Perumusan Masalah
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana merancang Sistem Tryout UJIAN NASIONAL  dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MYSQL
2.    Bagaimana menampilkan berbagai macam soal tipe soal diantaranya: pilihan ganda biasa, pilihan ganda kompleks, pilihan ganda sebab akibat berdasarkan mata pelajaran yang dipilh oleh siswa.
3.    Bagaimana menampilkan pertanyaan kepada para siswa secara random berdasarkan grup, tipe soal dan jumlah masing-masing mata pelajaran  yang telah ditetapkan.
4.    Bagaimana sistem dapat melakukan penilaian terhadap soal yang telah dijawab oleh siswa berdasarkan penilaian yang telah ditetapkan.
5.    Bagaimana sistem dapat membatasi waktu pengerjaan soal tryout.
     
 D. Pembatasan Masalah
Adapun pembatasan masalah pada penelitian ini adalah:
1.    Sistem yang dikembangkan bukan mengganti sistem yang telah ada secara keseluruhan,
2.    Design Sistem Tryout UJIAN NASIONAL dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL
3.    Design Sistem Tryout UJIAN NASIONAL hanya difokuskan untuk pembelajaran pada jenjang SMA dengan jurusan IPS.
4.    Jawaban User ditampilkan dalam bentuk multiple choice(a, b, c, d, e)
       
        E. Tujuan Penelitian
        Penelitian ini bertujuan untuk:
1.    Membantu para siswa untuk melakukan tryout mandiri secara online
2.    Meningkatkan minat belajar dan kesiapan para siswa dalam menghadapi ujian UJIAN NASIONAL
F. Manfaat Penelitian
        Bagi Para Siswa
a.    Dengan adanya sistem ini diharapkan para siswa terbantu dalam mempersiapkan dirinya dalam menghadapi ujian UJIAN NASIONAL
b.    Menghemat biaya dengan tidak mengikuti lembaga bimbingan seperti: Transportasi, Uang bimbingan, waktu, dan fasilitas pembelajaran.
Bagi Peneliti
a.    Manfaat penelitian ini bagi penulis yaitu, untuk mengembangkan diri atau melakukan penelitian sebagai syarat untuk S1.
b.    Untuk dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh diperkuliahan.

0 komentar: