Kamis, 05 November 2015

DESIGN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

Contoh Proposal Skripsi DESIGN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL  DI SEKOLAH

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah   
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang semakin pesat. Perkembangan teknologi tersebut juga telah banyak memberi dampak positif terhadap kehidupan kita. Dengan adanya teknologi dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan ataupun kegiatan kita sehari-hari.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang paling dekat kita rasakan adalah teknologi pada sistem informasi yang mengarah pada pengolahan data secara komputerisasi dimana data tersebut disimpan dalam sebuah database. Pada saat ini telah banyak lembaga maupun instansi yang sudah memanfaatkan komputer dalam pengolahan datanya. Akan tetapi lembaga atau instansi tersebut belum memanfaatkannya secara optimal. Mereka hanya menggunakan komputer untuk mengolah data secara sederhana dan apa adanya.


Lebih spesifik lagi kita lihat pada lembaga pendidikan yang ada di Indonesia umumnya dan Bukittinggi khususnya mulai dari jenjang pendidikan paling bawah PAUD, SD, SMP, SLTA dan Perguruan Tinggi masih banyak yang melakukan pengolahan data secara manual. Padahal mereka telah menggunakan komputer namun tidak dimanfaatkan secara optimal. Bisa kita lihat arsip dan dokumen-dokumen siswa seperti data siswa, data nilai siswa, data kelas siswa, data absen siswa, data pelajaran siswa, data guru dan pegawai serta data akademik lainnya hanya menjadi tumpukan yang tidak bernilai digudang sekolah. Apabila kita membutuhkan dokumen atau arsip tersebut suatu saat bisa dibayangkan betapa sulitnya untuk mencari dokumen tersebut. Namun, apabila mereka melakukan pengolahan data secara komputerisasi dan menyimpan datanya dalam sebuah database tentu masalah seperti diatas dapat diatasi atau diminimalisir.

Dengan menggunakan sistem informasi yang komputerisasi maka pengolahan data siswa akan bisa lebih cepat dan mudah. Apabila suatu saat nanti kita membutuhkan data tersebut maka kita bisa dengan mudah untuk mencarinya kembali, sehingga pengolahan data akademik di sekolah bisa efektif dan efisien.
Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk mengangkat suatu penelitian tentang DESIGN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL  DI SEKOLAH, yang bisa bermanfaat untuk mempermudah pengolahan data akademik disekolah.

B.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latarbelakang masalah maka dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut.
1.    Belum dimanfaatkannya komputer secara optimal untuk proses pengolahan data di sekolah, sehingga dengan sistem manual yang ada membutuhkan waktu yang lama untuk mengolah data siswa yang jumlahnya sangat banyak.
2.    Sulit untuk mencari dokumen atau arsip siswa ketika dibutuhkan karena arsip atau dokumen tersebut jumlahnya sangat banyak dan tidak disimpan dengan baik. 

C.  Perumusan masalah     
   Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana merancang Sistem Informasi Akademik disekolah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Database MYSQL
2.    Bagaimana merancang database terpadu untuk data akademik disekolah

D.  Pembatasan Masalah
  Adapun pembatasan masalah pada penelitian ini adalah :
1.    Sistem yang dikembangkan bukan mengganti sistem yang telah ada secara keseluruhan, karena ada beberapa data atau dokumen yang tidak bisa diarsipkan kedalam database.
2.    Design Sistem Informasi Akademik dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan database MySQL
3.    Design Sistem Informasi Akademik hanya difokuskan untuk pengolahan data siswa, data guru, data pelajaran dan data nilai siswa.
4.    Software implementasi Sistem Informasi Akademik yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahasa pemrograman java dengan software Netbeans 7.0.1 dan WampServer 2.0 .

E.   Tujuan Penelitian
 Penelitian ini bertujuan untuk :
1.    Mendesign suatu sistem informasi akademik disekolah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan database MySQL, sehingga diharapkan dapat mempermudah pengolahan data akademik disekolah.
2.    Dengan adanya penelitian ini juga diharapkan pengolahan data pada sekolah dapat dilakukan dengan cepat dan data disimpan dalam sebuah database terpadu sehingga lebih efektif dan efisien.

F.   Manfaat Penelitian
 Bagi Sekolah
a.    Manfaat penelitian ini bagi sekolah yaitu, dengan adanya design sistem informasi akademik secara komputerisasi ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data akademik pada sekolah
b.    Sekolah dapat dengan mudah mencari kembali data, dokumen atau arsip lainnya apabila dibutuhkan suatu saat nanti.
 Bagi Peserta didik
a.    Manfaat penelitian ini bagi peserta didik yaitu, dengan adanya design sistem informasi akademik secara komputerisasi ini diharapkan data atau dokumen siswa akan tersimpan dengan baik.
b.    Dengan sistem informasi akademik ini juga diharapkan pelayanan terhadap peserta didik jadi maksimal.
c.    Menghemat biaya seperti : foto copy dokumen untuk arsip sekolah
Bagi Peneliti
a.    Manfaat penelitian ini bagi penulis yaitu, untuk mengembangkan diri atau melakukan penelitian sebagai syarat untuk S1.
b.    Untuk dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh diperkuliahan.


0 komentar: