Selasa, 11 Agustus 2015

Struktur Dasar Pemrograman OpenGL Dengan DEV C++

Struktur Dasar Pemrograman OpenGL Dengan DEV C++. Dengan Struktur Dasar ini nantinya bisa membuat objek berupa Titik "Points", Garis "Lines", PolyLine maupun Polygon. Namun sebelum memulainnya Silahkan Download dulu DEV CPP "DEV C++ dan Pack Glut (Glut.DevPak) Dalam contoh ini Dev C++ yang digunakan adalah Versi 4.9.9.9

Dan Inilah Konsep Dasarnya

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <GL/glut.h>

void display(void){
    glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    userdraw(); // Untuk memanggil object yang dibuat
    glutSwapBuffers();
}       

int main(int argc, char **argv){
        glutInit(&argc,argv);
        glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB); //Untuk layar hasil
        glutInitWindowPosition(100,100); //posisi layar
        glutInitWindowSize(640,480); //Ukuran layar
        glutCreateWindow("ZULFIKAR"); //gaya-gayaan aja untuk nama
        glClearColor(1.0, 1.0, 1.0, 1.0); //setting warna --> Hitam
        gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.); //koordinat cartesius
        glutIdleFunc(display);
        glutDisplayFunc(display);
        glutMainLoop();
        return 0;
}

Untuk selengkapnya bisa lihat dalam Video berikut
 

0 komentar: