Jumat, 10 November 2017

Pengertian Kebijakan Bisnis



Pengertian Kebijakan Bisnis
Kebijakan bisnis adalah pedoman yang dikembangkan  oleh suatu organisasi dalam mengatur  berbagai aktivitas bisnis  dengan  menjelaskan batas-batas dimana keputusan bisnis harus dibuat dalam usaha mencapai tujuan organisasi.
Menurut Steiner (1997:22) kebijakan dapat diartikan sebagai pernyataan keinginan atau kehendak manajemen dalam mengatur kegiatan untuk mencapai tujuan perusahaan. Kebijakan  bisnis  merupakan aktivitas yang meliputi  perencanaan  dan  strategi  jangka  panjang  mencakup pada pengamatan lingkungan secara mendalam baik ekternal maupun internal kemudian membuat formulasi strategi. Setelah itu dilakukan evaluasi peluang dan implementasi strategi yang telah di formulasikan sebelumnya. Langkah terakhir adalah evaluasi dan pengawasan yang terintegrasi dari seluruh strategi dan diintegrasikan dengan tujuan visi dan misi perusahaan.
Dalam melaksanakan kebijakan bisnis dibutuhkan rencana pemasaran untuk melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan atau organisasi. Hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran. Bauran Pemasaran adalah seperangkat alat yang digunakan dalam pemasaran untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan (Tjiptono, 2005:30). Terdapat beberapa unsur bauran pemasaran yaitu :
1.      Produk
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada konsumen untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan. Berdasarkan  wujudnya,  produk  dapat  diklarifikasikan  menjadi  tiga kelompok, yaitu :
a.       Barang yang tahan lama
Barang   yang   tahan   lama   adalah barang yang sifatnya bisa digunakan berulang kembali dalam waktu yang relatif lama.

b.      Barang tidak tahan lama
Barang   tidak   tahan   lama   adalah   barang   yang sifatnya digunakan sekali pakai atau beberapa kali pakai dan bisa habis apabila digunakan.
c.       Jasa
Jasa adalah merupakan kegiatan, manfaat, atau kegunaan yang ditawarkan untuk dijual yang sifatnya tidak memiliki bentuk fisik seperti barang.
2.      Harga
Harga adalah nilai yang berikan kepada produk atau jasa yang dihasilkan. Penentuan  harga  sangat  berpengaruh  signifikan dalam pemberian nilai kepada produk dan keputusan komsumen untuk membeli produk tersebut. Dalam menetapkan harga jual sebuah produsen tidak bisa terlalu mahal karena bisa mengakibatkan konsumen pidah ke produk pesaing yang lebih murah. Penetapan harga jual juga tidak bisa terlalu murah karena akibatnya bisa membuat produsen rugi atau membuat produsen menilai produk atau jasa yang dihasilkan murahan. Selain itu ada faktor lain seperti konsumen merasa bangga apabila membeli produk yang mahal.
3.      Tempat
Pemilihan tempat atau lokasi  merupakan salah satu  aspek    yang bisa menetukan keberhasilan  suatu    perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Ada kecendrungan pelanggan akan memilih lokasi atau tempat yang mudah dijangkaunya dari pada lokasi yang jauh. Apabila lokasi terlalu jauh maka konsumen akan mengeluarkan uang lagi untuk transportasi.
Selain itu pelanggan akan cenderung memilih lokasi yang menyediakan sarana dan prasarana yang memadai misalnya adanya area parkir yang luas yang dapat menampung kendaraan konsumen yang datang, tempat ibadah seperti mushalla dan toilet yang bersih.
4.      Promosi
Promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan  yang berfungsi  untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan calon konsumen tentang produk atau jasa dari sebuah perusahaan.
5.      Orang
Orang atau konsumen merupakan aspek  yang penting bagi sebuah perusahaan terutama perusahaan jasa. Hal ini dikarenakan perusahaan jasa memberikan pelayanan kepada para konsumen. Adanya pelayanan yang baik tentu akan memberikan kesan yang baik bagi konsumen sehingga konsumen akan merasa puas dan akan datang kembali nantinya bahkan mengajak orang lain ikut bersamanya.
6.      Proses
Proses merupakan tahapan ketika barang atau jasa akan sampai ke tangan konsumen. Proses ini terjadi diluar pandangan konsumen, namun hasil yang diperoleh dari proses tersebut sangat penting karena akan menentukan konsumen puas atau tidak dalam menggunakan produk atau jasa tersebut. Dan layanan yang diberikan oleh karyawan dalam proses ini sangat menentukan sekali. Ada konsumen yang tidak jadi belanja hanya karena layanan yang kurang memuaskan dari karyawan.
7.      Bukti Fisik.
Merupakan hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen atau perusahaan. Bukti fisik adalah lingkungan fisik perusahaan tempat produk atau jasa diciptakan. Bukti fisik dapat berupa peralatan, suasana dan tata letak interior. Dengan adanya bukti fisik tersebut konsumen akan memiliki deskripsi dan penilaian masing-masing dan akan mempengaruhi citra perusahaan di mata konsumen lainnya.
Selain (7) tujuh unsur bauran pemasaran tersebut diatas juga ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kebijakan bisnis.
1.      Regulasi dan kebijakan pemerintah.
2.      Peta Persaingan
3.      Kepentingan owner
4.      Visi dan misi perusahaan
5.      Budaya lokal

0 komentar: