Kamis, 01 Oktober 2015

Pengertian Tafsir Dan Ilmu Tafsir

Inilah Defini Dan Pengertian Tafsir Dan Ilmu Tafsir          

        Kata tafsir berati keterangan dan penjelasan. Dalam Al Qur’an dinyatakan dalam surat Al Furqan : 33

33.  Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu (membawa) sesuatu yang ganjil, melainkan kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya[1067].
       
        Secara istilah :
a.       Menurut imam Al Zarkasyi tafsir adalah menjelaskan makna-makna ayat al qur’an serta usaha mengeluarkan hukum-hukum dan hikmah-hikmah.
b.       Menurut Az Zakarni tafsir adalah “pembahasan al qur’anulkarim dari segi pemahaman maknanya sesuai dengan makna yang dikehendaki oleh allah menurut kadar kemampuan manusia.
c.       Menurut Al Jurjani menjelaskan makna al qur-an, baik dari segi urutannya, kisahnya, sebab turunannya dengan mengemukakan lafaz yang dapat menunjukan makna yang terang.
d.      Menurut Al Kilbi menjelaskan al qur’an, menerangkan makna-maknanya dan menjelaskan makna yang dikehendaki oleh nashnya dengan isyarat-isyarat atau yang serupa dengannya.
    Jadi tafsir adalah upaya seorang mufasir untuk menjelaskan makna teks ayat-ayat Al Qur’an agar mudah dipahami oleh orang.

Ilmu tafsir menurut Al Zarkasyi adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada nabinya muhammad saw dan untuk mengeluarkan hukum-hukum dan hikmah-hikmahnya.
    Sedangkan takwil secara bahasa adalah kembali atau mengembalikan. Secara istilah takwil berarti : memalingkan makna suatu lafadz dari makna suatu lafadz dari makna zhahirnya kepada makna lain yang terdapat juga dalam Al Qur’an atau sunnah.

Rangkuman Materi
      Tafsir berati keterangan dan penjelasan.

Ilmu tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada nabinya muhammad saw dan untuk mengeluarkan hukum-hukum dan hikmah-hikmahnya
       
Takwil berarti : memalingkan makna suatu lafadz dari makna suatu lafadz dari makna zhahirnya kepada makna lain yang terdapat juga dalam Al Qur’an atau sunnah

0 komentar: