Jumat, 16 Oktober 2015

Pengertian Belajar Tuntas, Remedial dan Pengayaan

Inilah Pengertian Belajar Tuntas, Remedial dan Pengayaan


Belajar adalah Aktivitas yang mengharapkan perubahan Tingkah laku (behavior change) pada Individu yang belajar. Sedangkan Mengajar yaitu Membantu peserta didik memperoleh Informasi, ide, keterampilan, nilai, cara berfikir, sarana untuk mengepresikan diri, dan cara-cara belajar bagaimana belajar.

Pembelajaran tuntas adalah pola pembelajaran yang menggunakan prinsip ketuntasan secara individual. Pendekatan dalam pembelajaran yang mempersyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh Standar Kompetensi maupun Kompetensi Dasar mata pelajaran tertentu. Selanjutnya dilakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Remedial yaitu Pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar. Remedial sebagai bentuk khusus pengajaran yang bertujuan untuk memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan belajar yang dihadapi oleh murid. Perbaikan diarahkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing melalui perbaikan keseluruhan proses belajar mengajar dan keseluruhan kepribadian murid.

Pengayaan secara umum dapat diartikan sebagai pengalaman atau kegiatan peserta didik yang melampaui persyaratan minimal yang ditentukan oleh kurikulum dan tidak semua peserta didik dapat melakukannya.

Untuk Makalah lengkapnya silahkan email ke [zulfikar.hc@gmail.com] nanti saya kirimkan link Download Makalah Lengkap  Belajar Tuntas, Remedial dan Pengayaan  ini. 

0 komentar: