Jumat, 23 Oktober 2015

Konsep Dasar HTML

Apa itu HTML  dan Apa Konsep Dasar HTML , berikut ini adalah Penjelasannya yang saya rangkum dari berbagi Sumber.

Html adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yang merupakan sebuah bahasa Markup yang berisikan seperangkat tag markup.  Sebuah Dokumen HTML terdiri atas tag-tag yang memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk membangun sebuah halaman web. Setiap tag ataupun syntax yang terdapat dalam file html akan di eksekusi atau di jalankan oleh browser dalam Bentuk halaman web. Jadi dapat disimpulkan bahwa Html merupakan dasar dari pemograman berbasiskan web. Untuk menjalankan File HTML maka kita membutuhkan sebuah Web Browser.

Web browser adalah suatu Program atau Aplikasi yang mampu membaca dan menerjemahkan document HTML (halaman web) menjadi tampilan grafis atau visual. Browse juga bisa  menampilkan beberapa file lainnya seperti audia, video, gambar, animasi dan sebagainya. Contoh dari web browser adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Netscape, Opera dan masih banyak lagi. Untuk latihan dan Buku ini digunakan Mozilla Firefox.

Untuk Mulai belajar HTML ini maka  yang kita butuhkan adalah Sebuah text editor (Notepad, Notepad++, Netbeans, Dreamwever dll). Setelah itu kita juga butuh Web Browser.

File HTML dan Tag HTML

File html atau document html terdiri dari elemen html di dalam nya. Dan semua susunan element html akan menjadi sebuah file atau halaman html jika sudah di simpan dengan ekstensi .html  atau .htm

Tag html adalah penanda bagi element html dengan penulisan  “<” sebagai pembuka tag  dan “>” penutup tag.

Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari element atau tag html yang di gunakan sebagai penanda didalam kode html.

•    Setiap penulisan tag html di awali dengan < (buka kurung siku) dan di akhiri dengan />(garis miring dan tutup kurung siku) jika penulisan tag html dalam bentuk satu baris.
•    Dan tag html di buka dengan < ”nama element”> dan di tutup dengan </”nama element”>.
•    Tag pertama di sebut juga dengan tag pembuka dan tag di belakangnya di sebut juga sebagai tag penutup.
•    Teks di antara kedua tag tersebut disebut isi elemen
•    Tag HTML tidak bersifat case sensitif atau tidak berpengaruh penulisan huruf capital  atau huruf kecil nya.

0 komentar: