Rabu, 12 Agustus 2015

Download Makalah 3 Way Handshake Lengka

Makalah 3 Way Handshake Lengkap, Dimana Makalah ini saya buat ketika masih kuliah dulu. Bagi yang berminat silahkan kirim email saja ke [zulfikar.hc@gmail.com]

A.    Pengertian 3-Way Handshake
3-way handshake, yaitu cara untuk menghubungkan server dengan server lain, atau server dengan client, atau juga client dengan client lain. Dimana dalam 3-way handshake terjadi 3 kali berjabat tangan (handshake).


B.    Tujuan 3-Way Handshake
Tujuan metode ini adalah agar dapat melakukan sinkronisasi terhadap nomor urut dan nomor acknowledgement yang dikirimkan oleh kedua pihak.

C.    Gambaran Proses 3-Way Handshake
Proses  3-way handshake dapat digambarkan sebagai berikut:
1.    User pertama (yang ingin membuat koneksi/Client) akan mengirimkan sebuah segmen TCP dengan flag SYN (synchronization) diaktifkan kepada user kedua (yang akan diminta untuk berkomunikasi/Server).
2.    User kedua (Server) akan menjawabnya permintaan tersebut dengan mengirimkan segmen berisi acknowledgment (flag ack) dan juga SYN kepada User pertama (Client).
3.    User pertama (Client) selanjutnya akan mulai saling bertukar data dengan user kedua (Server).


D.    Contoh/Penerapan 3-Way Handshake
1.    Penggunaan/Penerapan 3-way handshake pada Proses pembuatan koneksi TCP.
TCP menggunakan proses jabat tangan yang sama untuk mengakhiri koneksi yang dibuat. Hal ini menjamin dua host yang sedang terkoneksi tersebut telah menyelesaikan proses transmisi data dan semua data yang ditransmisikan telah diterima dengan baik. Dan itu alasan TCP memiliki koneksi yang reliable atau dapat diandalkan.

2.    Penggunaan/Penerapan 3-way handshake pada IP Spoofing.
IP Spoofing adalah suatu trik hacking yang dilakukan pada suatu server dengan tujuan untuk mengecoh komputer target agar mengira sedang menerima data bukan dari komputer yang mengirim data tersebut, melainkan komputer target mengira menerima data dari komputer lain yang memiliki IP Addres yang berbeda dari komputer  sebenarnya  yang  telah  mengirim  data.  Suatu  contoh  dari  IP  Spoofing adalah sebagai berikut :
Misalkan :
IP Address komputer sumber yang mengirim data adalah 203.45.98.1
IP Address komputer yang akan dijadikan target adalah 202.14.12.1
IP Address sistem yang digunakan untuk mengirimkan data adalah 173.23.45.89
Secara normal komputer target akan mengidentifikasi IP Address dari komputer yang mengirimkan data adalah 203.45.98.1, namun dalam trik IP Spoofing komputer target akan mengira bahwa data yang dikirim adalah dari komputer dengan IP Address 173.23.45.89.
IP Spoofing dilakukan dengan menggunakan konsep three-way handshake agar terjadi koneksi TCP/IP. Secara normal three-way handshake yang terjadi adalah:
a.    Komputer sumber mengirim paket SYN ke komputer target
b.    Komputer target mengirim kembali paket SYN/ACK ke komputer sumber
c.    Komputer sumber akan mengakui paket SYN dr komputer target dengan mengirim balasan berupa paket SYN ke komputer target.

Adapun yang terjadi dalam IP Spoofing adalah :
a.    Komputer sumber mengirim paket SYN ke komputer target tapi dengan menggunakan IP Address yang telah dipalsukan.
b.    Komputer target akan mengirim paket SYN/ACK kepada komputer dengan IP Address yang palsu tersebut. Dalam hal ini tidak ada cara bagi komputer sumber untuk menentukan kapan dan apakah komputer target benar-benar membalas dengan mengirimkan paket SYN/ACK ke IP Address yang telah dipalsukan tersebut. Hal ini merupakan bagian yang tidak diketahui oleh komputer sumber (blind part) dan komputer sumber hanya dapat berasumsi bahwa komputer target telah mengirim paket SYN/ACK ke IP Addres yang telah dipalsukan tersebut.
c.    Kemudian setelah beberapa waktu komputer sumber harus mengirimkan paket SYN ke komputer target untuk mengakui bahwa komputer dengan IP Address yang palsu telah menerima paket SYN/ACK.

3.    Penggunaan/Penerapan 3-way handshake pada wireshark.

F. Kelamahan 3 Way Handshake
1.    Bisa dimanfaatkan untuk Denial of Services dan Distributed Denial of Services yaitu sebuah metode serangan yang bertujuan untuk menghabiskan sumber daya sebuah peralatan jaringan komputer sehingga layanan jaringan komputer menjadi terganggu. Salah satu bentuk serangannya yaitu 'SYN Flood Attack'
2.    3 Way Handshake juga bisa dimanfaatkan untuk IP Spoofing yang nantinya bisa disalahgunakan untuk kejahatan.



0 komentar: