Kamis, 28 Agustus 2014

Makalah Kesalahan Berbahasa Dalam SMS

Makalah Kesalahan Berbahasa Dalam SMS Terbaru

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Bahasa yaitu untuk bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain, untuk itu kita harus mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan yang benar. Dalam makalah ini banyak sekali kesalahan dalam berbahasa. Dan memepermudahkan bangsa Indonesia yang berbeda-beda bahasa.

B.    Rumusan Masalah
1.    Apakah dalam kehidupan sehari-hari bahasa selalui disingkat?
2.    Bagaimana pandangan masyarakat tentang masalah kesalahan dalam berbahasa?

C.    Tujuan
1.    Membudayakan bahasa persatuan yaitu bahasa satu bahasa indonesia.
2.    Mempersatukan bahasa, walau berbeda-beda bahasa.
3.    Mengetahui bahasa Indonesia yang benar dan baik.



BAB II
PEMBAHASAN
KESALAHAN BERBAHASA DALAM SMS

1.    Kwn2, dh siap tgs Bhs?
2.    core dk?
3.    Ass...
4.    Kch temd....
5.    Dh bngn dk?
6.    ge pain cynk?
7.    Met mlm?
8.    Dh maem lom?
9.    Tmn, ntr msk jm brp?
10.    M’f, ciapa ne?

BAHASA
Dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik, seharusnya kita tidak merangkai kata-kata singkat atau menyingkat kata.
sering kali kita lihat dalam penggunaan atau bahasa SMS, kita lebuh suka menyingkat kata, tetapi dalam bahasa indonesia sebenernya itu tidak boleh, karena akan meragukan si pembaca atau mungkin si pembaca bisa salah tapsir dengan apa yang kita bicarakan.
Dalam pembahasan tadi kita sudah lihat kesalahan-kesalahan dalam membuat bahasa SMS.

Yang Pertama
“Kwn2,cpa yang udah ciap tugas bahasa indonesia”
kata-kata ini semuanya salah kecuali kata “tugas bahasa Indonesia” karena tidak sesuai dengan kalimat EYD. Penulisan kata “Kwn2, cpa yang udah ciap tugas bahasa indonesia” seharusnya “Kawan kawan, siapa yang sudah siap tugas bahasa indonesia” inilah kalimat yang benar dan tepat.

Yang kedua
“Cre dek”
Pada kata “cre” ini tidak lah tepat karena kata “cre” itu seharusnya “Sore” bukan “cre”, tapi kebanyakan orang menggunakan kata “cre” dalam bahasa sehari-hari, mereka tidak menyadari kalau bahasa yang mereka gunakan salah. Yang mereka tahu hanyalah bahasa yang tren pada saat ini, itu maka nya mereka menggunakan kata ini dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Yang Ketiga
“ass...”
Kata yang tidak lazim dipakai, tetapi kata hanya digunakan oleh orang-orang bahasa “SMS”, seharusnya kata yang enar adalah ”Assalamualaikum” karena arti nya berbeda dengan “Ass”, sedangkan arti “Assalamualaikum” adalah keselamatan atas kamu.


Yang Keempat
“Ksh temd”
Pada kalimat ini semuanya salah, seharusnya kalimat yang benar adalah “terimakasih teman”. Dalam menggunakan bahasa indonesia yang benar adalah kalimat-kalimat yang tidak boleh disingkat karena menurut EYD semua kalimat tidak boleh disingkat.

Yang Kelima
“Dh bngn dk?”
Pada kalimat ini semuanya salah, seharusnya kalimat yang benar adalah “sudah bangun dek”. Dalam menggunakan bahasa indonesia yang benar adalah kalimat-kalimat tidak boleh disingkat karena menurut EYD semua kalimat tidak boleh disingkat.

Yang keenam
“ge pain cynk?”
Kalimat di atas menurut EYD adalah salah, sedangkan kalimat yang benarnya adalah “lagi ngapain sayang?”.

Yang ketujuh
“Met mlm?”
kata-kata ini semuanya salah kecuali kata karena tidak sesuai dengan kalimat EYD. Penulisan kata “met mlm” seharusnya “selamat malam” inilah kalimat yang benar dan tepat.

Yang kedelapan
“Dh maem lom?”
Dalam bahasa indonesia kalimat di atas salah, yang paling baik itu seharusnya “ Teman nanti masuk jam berapa?”
kata”dh” seharusnya :”sudah”
kata “maem” seharusnya: “makan”
kata “lom” seharusnya :”belum”
Ke sembilan
“Tmn, ntr msk jm brp?”
Kalimat ini semuanya salah, karena kalimat yang digunakan adalah kalimat singkat, sedangkan di dalam EYD yang hanya oleh disingkat ganya pangkat dan jabatan, sedangkan pada kata “Tmn, ntr msk jm brp?” itu salah.
kata”tmn” seharusnya :”teman”
kata “ntr” seharusnya: “nanti”
kata “msk” seharusnya :”masuk”
kata “jm” seharusnya: “jam”
kata “brp” seharusnya :”berapa”
Dalam bahasa indonesia yang paling baik itu seharusnya “ Teman nanti masuk jam berapa?”.

Ke Sepuluh
“M’f, ciapa ne?”
Pada penulisan “m’f, ciapa ne” pada kalimat di atas adalah salah. Kalimat yang benar menurut EYD adalah “maaf ini siapa?”, karena menurut EYD kalimat yang boleh disingkat hanya pada gelar dan jabatan.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Bahasa merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa bahasa orang tidak akan bisa menyampaikan pendapat atau argumen-argumennya. Dalam menggunakan bahasa indonesia yang baik, seharusnya kita tidak memakai kata-kata singkat atau menyingkat kata. karena dengan kita menyingkat kata seseorang bisa salah tafsir dengan apa yang kita bicarakan, atau seseorang tidak mengerti dengan apa yang kita ucapkan.
Jadi kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD dalam berargumen dan mengeluarkan pendapat.

B.    Saran
Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan, oleh sebab itu penulis mengharapkan kritikan dari pembaca. Dan penulis juga berharap makalah ini dapat dipergunakan sebaik mungkin, dan dapat bermanfaat bagi pembaca terutama bagi penulis sendiri, Amin.